Tips Menemukan Ide Bisnis yang Unik dan Kreatif




Berbicara tentang ide bisnis, sudah banyak sekali blog dan website yang mengulasnya. Mulai dari ide bisnis online, ide bisnis kreatif, ide bisnis unik, ide bisnis rumahan hingga ide bisnis tanpa modal. Dari segi jumlah juga banyak yang membahasnya, mulai dari puluhan ide bisnis hingga ribuan ide bisnis siap pakai.

Pada halaman ini yang saya bahas adalah tentang bagaimana menemukan ide bisnis yang unik dan kreatif. Sehingga dengan cara yang saya bagikan ini Anda bisa menemukan sendiri ide bisnis yang sesuai dengan keinginan Anda.

Hal Terpenting Dalam Ide Bisnis



Sebelum kami lanjutkan ke topik utama tentang bagaimana cara menemukan ide bisnis yang unik dan kreatif, saya ingin menyampaikan terlebih dahulu satu hal terpenting dalam ide bisnis. Hal terpenting ini berlaku untuk semua bisnis, tidak hanya bisnis online tetapi juga bisnis offline. 


Namun apabila kita berhasil mengeksekusi ide bisnis yang sederhana menjadi bisnis yang nyata, itu jauh lebih baik daripada hanya sekedar ide bisnis semata.

Prinsip Dalam Menemukan Dan Memilih Ide Bisnis Online


Setelah Anda mengetahui apa hal terpenting dalam sebuah ide bisnis, berikutnya saya ingin membahas tentang prinsip dalam menemukan dan memilih ide bisnis yang unik dan kreatif. Prinsip ini penting karena bisa menjadi pedoman ata petunjuk dalam memilih ide bisnis. Karena tidak semua ide bisnis yang kita temukan, bisa kita pilih dan eksekusi secara bersamaan. Kita harus bisa memilih dan memutuskan satu ide bisnis mana yang menjadi prioritas kita untuk dieksekusi.

Prinsipnya adalah:


Sesederhana itu bukan prinsipnya? Untuk lebih jelasnya lagi saya akan membagikan tips cara menemukan ide bisnis yang unik dan kreatif.

Caranya sendiri cukup sederhana dan Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Tingkatkan kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar


Modal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan kepekaan kita terhadap lingkungan di sekitar kita. Tujuannya adalah supaya ketika sinyal-sinyal peluang bisnis datang, kita siap untuk menangkapnya. Misalnya, Anda memiliki teman di lingkungan sekitar Anda yang ingin diet tapi masih ingin makan banyak. Nah, disini Anda bisa mencari peluang dengan membuat makanan atau minuman yang rendah kalori atau kandungan yang cocok untuk oang yang sedang diet. Selain itu dengan meningkatkan kepekaan ini menjadi modal utama dari langkah kita berikutnya.

2. Menentukan Siapa Target Market Kita, Apa Masalah dan Solusi Mereka?



Cara kedua untuk menemukan ide bisnis online adalah dengan menentukan siapa target market kita dan mengindentifikasi apa masalah mereka dan solusinya. 

Hal ini bisa kita mulai dari mendeskripsikan hal-hal berikut ini:

- Jenis kelamin
- Usia
- Pekerjaan
- Lokasi Geografi
- dan bermacam masalah lainnya.

Misalnya kita menentukan target marketnya adalah mahasiswa baru yang tempat tinggalnya jauh dari tempat kuliahnya. Sedangkan masalah yang mereka hadapi contohnya adalah mencari kost-kostan.

Kalau Anda tidak tahu perkiraan apa masalah yang dihadapi, Anda bisa mengikuti cara berikut ini untuk mengidentifikasi apa saja masalah-masalah mereka.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka http://keywordshitter.com lalu ketikkan kata kunci “untuk <target market Anda>“. Contohnya “untuk mahasiswa baru“. Kemudian klik tombol Start Job. Dan hasilnya Anda akan menemukan masalah dan juga solusi yang banyak mereka cari.


3. Pilih Salah Satu dan Jadikan Ide Bisnis Anda. 


Setelah muncul hasilnya, cara berikutnya adalah memilih salah satu dan jadikan itu sebagai ide bisnis Anda. Namun ini juga belum cukup karena kita juga harus mempertimbangkan berapa orang yang membutuhkan dan bagaimana persaingannya. Untuk itu kita butuh yang namanya validasi market. Validasi market adalah sebuah teknik yang bertujuan untuk mengetahui berapa volume dari target market dan siapa saja pesaingnya.

4. Amati Trend yang Sedang Berkembang


Trend adalah sesuatu yang banyak diminati oleh sekolompok orang pada satu waktu. Karena itu, sebuah ide bisnis yang mengikuti tren akan berpeluang untuk digemari dan banyak menjaring konsumen dalam waktu cepat. Tidak ada yang salah dengan mengikuti tren, selama Anda mampu membuat bisnis tersebut berbeda dari yang lain. Tetapi, karena sebuah tren biasanya cepat berlalu, maka pastikan juga Anda memiliki solusi seandainya tren bisnis tersebut mulai memudar dan tidak lagi digemari.

Komentar

check this out!

Panduan Membuat BMC yang Baik dan Benar

Faktor Remaja Bunuh Balita, Psikolog: Masa Remaja Mudah Terpengaruh Lingkungan

My Idea Business, Executive Summary & BMC